jangan babisabisa mun kada tahu


Rabu, 10 Agustus 2011

SAFARI PENYAIR NUSANTARA


Oleh: Arsyad Indradi

Ada tiga tujuan dalam penyelenggaraan Pertemuan Penyair Nusantara V di Palembang yang diselenggarakan dari tanggal 16-19 Juli 2011, yaitu :Memberikan ruang ekspresi bagi para penyair yang tumbuh dan berkembang di nusantara seperti Indonesia, Malaysia,Brunei Darussalam, Thailand, Filipina dan lain-lain. Mendorong generasi muda untuk mengapresiasi puisi dari karya-karya penyair nusantara. Dan mempererat hubungan silahturrahim sastrawan antar bangsa.

Dari sekian acara PPN V ini selain seminar,diskusi, tarung puisi, ada acara “safari penyair nusantara” yaitu peserta mengunjungi sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Palembang. Tempat yang akan dikunjungi dan peserta yang akan mengunjungi diatur oleh panitia. Tidak seperti acara sebelumnya, acara ini merupakan acara yang perlu dilaksanakan dalam PPN VI ini. Peserta ikut aktif memberikan dorongan dan motivasi agar tumbuh apresiasi sastra dan minat bersastra di kalangan pelajar dan mahasiswa. Memang kunjungan para penyair ini sangat diharapkan dan diperlukan sekali oleh sekolah mau pun di lingkungan kampus dalam rangka ikut menunjang pembelajaran, pengembangan diri bagi siswa dan kegiatan ekstrakurikuler.

Bagaimana rangkaian acara “Aruh Sastra” ke-8 Kalsel di Barabai yang rencananya dilaksanakan tgl 16-19 September 2011 ?
Seperti juga di Pertemuan Penyair Nusantara V di Palembang, Aruh Sastra ke-8 Kalsel di Barabai nanti, panitia telah menyusun program “Safari Sastrawan” yang tentu saja sama dengan kegiatan “Safari Penyair Nusantara”.

Dalam acara “Safari Sastrawan” Aruh Sastra ini panitia supaya mempersiapkan sedemikian rupa agar sukses seperti “Safari Penyair Nusantara”. Semoga. (AI).





Tidak ada komentar: